DETAIL BERITA

Pesona Istana Gebang, Rumah masa kecil Sang Proklamator

2018-02-13 13:20:38

Lokasi Istana Gebang berada di Jalan Sultan Agung no 69 Kota Blitar. Jaraknya tidak begitu jauh dari Makam Bung Karno. Dari makam Bung Karno, anda bisa naik becak untuk menuju ke Istana Gebang. Akan ada banyak tukang becak yang menawarkan jasanya untuk menuju tempat ini. Ongkos becak dari Makam Bung Karno menuju tempat ini tidak terlalu mahal, sekitar 20 ribu rupiah. Saat anda menuju Istana Gebang, anda akan melewati salah satu taman dan tempat bersantai warga Kota Blitar yaitu Kebon Rojo.




Istana Gebang sebenarnya milik bapak Poegoeh Wardoyo suami dari Sukarmini, kakak kandung Bung Karno. Selain ditempati oleh kedua orang tua Bung Karno, ditempat ini pula Sang Proklamator pernah tinggal ketika masa-masa remajanya.

Anda akan disuguhkan pemandangan yang cukup lapang begitu sampai di Istana Gebang. Bangunan yang menjorok cukup masuk dari jalan raya ini akan membuat anda merasakan kejayaan masa lalu. Bangunan jadul yang masih tetap kokoh berdiri di sana.Keseluruhan bagiannya terdiri dari rumah utama, bagian ini terdiri dari ruang tamu yang cukup luas dengan perabot kursi model lama. Dan beberapa meja dan lemari kecil di sisi barat.

Selain itu juga terdapat ruang keluarga yang juga cukup lapang dengan deretan kursi kayu berkombinasi anyaman rotan. Di sana juga terdapat kursi kayu santai lengkap dengan bangku kecil sebagi penopang kaki di bawahnya. Kursi ini biasa digunakan Soekarmini Wardojo, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ibu Wardojo, di masa hidupnya. Soekarmini adalah kakak dari Soekarno, yang menikah dengan Wardojo sebagai suami keduanya. Karena itu pula Istana Gebang lebih akrab bagi masyarakat setempat dengan sebutan rumah Ibu Wardojo.

Barat rumah bung karno, terdapat ruang kesenian. Dulunya ruangan itu dipakai untuk pertunjukan wayang maupun pentas seni lainnya. Terdapat gamelan dan wayang kulit pada ruang kesenian tersebut.

Ada banyak sekali peninggalan Bung Karno di tempat ini. Apabila anda berada di Blitar, anda wajib mampir ke tempat ini. Jadi jangan sampai melewatkan tempat ini sebagai salah satua destinasi wisata wajib di Blitar. Karena tempat ini memiliki sejarah tentang masa kecil Bung Karno.