DETAIL BERITA

Grebeg Pancasila (Peringatan Hari Lahir Pancasila)

2018-05-24 12:45:55

Ada yang berbeda pada peringatan Hari lahir Pancasila tahun ini.

Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini akan dilaksanakan pada malam hari. Rangkaian acara Grebeg  Pancasila dilaksanakan mulai sore hari tanggal 31 Mei 2018 sampai dengan dini hari tanggal 1 Juni 2018.

Rangkaian acara Grebeg Pancasila diawali dengan Bedhol Pusaka yang akan dimulai pukul 15.30 bertempat di Rumah Dinas Walikota Blitar Jl. Sudanco Supriadi. Agenda acara pada kegiatan ini meliputi serah terima Bedhol Pusaka dan dilanjutkan dengan Kirab Bedhol Pusaka dari Rumah Dinas Walikota Blitar menuju Kantor Walikota Blitar Jl. Merdeka Kota Blitar.

Rangkaian acara selanjutnya adalah Tirakatan pada pukul 17.30 atau setelan prosesi Bedhol Pusaka selesai dan dilaksanakan di Kantor Walikota Blitar dengan agenda acara Macapatan.

Upacara Budaya akan dilaksanakan malam hari pada pukul 19.30 bertempat di Aloon-aloon Kota Blitar dengan agenda acara Upacara Budaya, Festival Gunungan dan Lentera, dan dilanjutkan Kirab Gunungan Lima menuju Makam Bung Karno. Diperkirakan Kirab Gunungan Lima akan dilaksanakan pada pukul 21.30 dan prosesi serah terima Gunungan Lima akan dilakukan di Makam Bung Karno.

Puncak acara adalah Kenduri Pancasila pada hari jumat tanggal 1 Juni 2018 dini hari pukul 00.30 setelah prosesi serah terima Gunungan Lima. agenda acara pada Kenduri Pancasila ini adalah Kenduri pancasila itu sendiri, festival Tumpeng, dan diakhiri dengan Doa Lintas Agama.